Woman Across Borneo

PESERTA EKSPEDISI Peserta Ekspedisi seluruhnya adalah wanita karir (karyawati) dari berbagai bidang yang berusia 23 sampai dengan 45 tahun. Adalah sesuatu hal yang menarik untuk melihat bagaimana seorang wanita yang bukan atlit olahraga bersepeda, mendaki gunung atau penelusur gua (caver) menaklukan tantangan ini. Para wanita ini diberikan pelatihan selama 3 bulan dan 2 kali simulasi sebelum terjun menghadapi tantangan yang ada. Simulasi ini bertujuan untuk mempersiapkan mental para peserta mengingat semua hal yang dilakukan selama ekspedisi ini mereka lakukan sendiri tanpa ada bantuan tim pendukung.

Tanggal : 06 – 21 April 2013 Lokasi :

- Pontianak, Indonesia  - Kuching, Malaysia  - Mulu National Park, Malaysia  - Kinabalu National Park, Malaysia

Ekspedisi ini terdiri dari 3 tahapan kegiatan yaitu :

1. BERSEPEDA Bersepeda (cycling) dalam ekspedisi ini akan menempuh jarak 488 KM selama 5 hari dari kota Pontianak (Kalimantan Barat) sampai ke Kuching (Malaysia). Selama kegiatan bersepeda ini peserta ekspedisi harus mampu mengatasi sendiri apabila ada permasalahan yang terjadi sepanjang perjalanan. Dari Kuching mereka bergerak menuju ke Miri melalui udara kemudian disambung dengan mempergunakan perahu menuju ke Mulu National Park. Disini mereka melakukan kegiatan yang berikutnya yaitu:

2. PENELUSURAN GUA (CAVING) Persyaratan untuk bisa masuk Gua Nasib Bagus adalah harus melakukan penelusuran satu atau dua gua terlebih dahulu. Setelah selesai melakukan hal tersebut barulah tim akan masuk ke Gua Nasib Bagus (Serawak Chamber). Gua Nasib Bagus (Serawak Chamber) ini adalah gua terbesar di dunia. Gua ini memiliki panjang 700m, lebar 400m dan kedalaman 70m. Gua ini ditemukan pada tahun 1981 oleh penelusur gua dari Inggris. Kesulitan dalam menaklukan Gua Nasib Bagus ini adalah hampir sebagian besar penelusuran dilakukan dengan cara berenang dan traversing (merayap didinding gua). Setelah selesai menaklukan Gua Nasib Bagus tim kemudian bergerak menuju tantang terakhir dari ekspedisi ini yaitu :

3. PENDAKIAN GUNUNG KINABALU Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi di Kalimantan dan salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara. Gunung Kinabalu sendiri memiliki ketinggian 4.095m. Direncanakan tim mencapai puncak Gunung Kinabalu tepat pada tanggal 21 April 2013 sekaligus untuk memperingati Hari Kartini.